Langsung ke konten utama

SPECIAL EXPERIENCE BEHIND DKV 2

Jika kalian memutuskan untuk mengambil jurusan DKV, kalian pasti pernah mendapatkan matkul ini tepatnya pada semester genap ke-4


  Saya melihat banyak anak DKV yang masih bingung terutama yang masih belum mengambil matkul ini dan ingin tau spoiler nantinya tugasnya gimana si, apa yang terjadi di matkul DKV 2 mendatang (kalo lulus).


  Pada artikel blog pertama saya kali ini saya sebagai budak DKV......Maaf maksudnya sebagai "Anak DKV" ingin mereview seputar pengalaman unik di matkul DKV 2. Kebetulan kala itu masih menerapkan sistem Hybird Learning, tentunya pasti punya pengalaman unik dan cerita menarik didalamnya ;c yuk disimak....


  • LOGO FROM OWN NAME

   Ini berketepatan pada tugas pertama. Saya langsung disuruh bikin logo dari nama sendiri dengan didasari prinsip personality yaitu Profesi,Hobi,Nama panggilan. 


  • Quiz yang unik bikin tambah semangat

  Tidak hanya ada tugas selain forum diskusi. Di Dkv 2 juga ada kuis seperti tanya jawab. Hal itu sangat merekonstruksi pengetahuan terhadap materi yang diberikan sebelumnya.


  • 25 LOGOGRAM : Santai Dulu Gaksih

 Saya menggarap logonya dengan memerlukan banyak sekali ide kreatif,unik,dan bagus agar hasil maksimal dan kece dan mudah diingat. Setiap 25 logogram mengambil hewan dari Nusantara. Saya memutuskan hewan ayam sebagai logogram, yang membuat menarik adalah karena ayam membawa filosofi keberuntungan, karena ada pepatah "Ayam bertelur diatas padi"


  • UTS : REDESIGN UMKM BRAND LOGO

  Pada pertemuan pra UTS sudah mulai membentuk kelompok kerja tim. Dengan ini proyek besar sudah mulai berjalan sampai UAS. Dimulai dengan mencari brand UMKM yang akan dijadikan tema proyek. Setelah itu kami diberikan Client Brief sebagai panduan merancang untuk menggarap proyek tersebut. Didalamnya terkandung beberapa prosedur yang unik dan kreatif untuk diterapkan kedalam redesain logo mulai dari : Creative Brief, Mind mapping, moodboard,  thumbnail, logo prototype,  concept, final logo. Masing masing anggota membuat dan menyerahkan logonya masing masing hingga masuk ke tahap seleksi oleh dosen pengampu.


  • UAS : GSM PROJECT BOOK (Graphic Standard Manual) UMKM BRAND LOGO

  Kami melanjutkan setengah perjalanan menuju ke UAS dengan proyek yang berbeda yaitu membuat buku panduan logo brand. Selama itu kami menggarap dan mempelajari dari seluruh ilmu dasar dari membuat logo sampai membuat buku panduan merancang logo brand nya. Proyek nya memerlukan beberapa tahapan. Buku panduan logo brand ini mencakup soal tahapan mendesain logo. Mulai dari Filosofi, tentang brand, logo alternatif, layout logo, warna khas logo, stationery set,dll.


Yap itulah dari pengalaman menarik saya dan kelompok kerja saya seputar matkul Dkv 2 ini. Cukup menarik bukan...:c. Saya harap dari pengalaman artikel diatas dapat menjadikan kalian sebagai referensi yang menarik untuk menghadapi matkul dkv 2 ini... :D 

Jika kalian yang punya pengalaman menarik bagi mata kuliah dkv yg lain tulis di kolom komentar guys..








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kajian Design Thinking Define : Buku Novel "TANAH PARA BANDIT"

Buku Novel " TANAH PARA BANDIT " Latar belakang : Novel ini mengambil latar belakang sejarah perjuangan rakyat Aceh melawan penjajah pada abad 19 yang berfokus pada pahlawan Nasir Meutia. Tujuan : Mengangkat sejarah dan budaya Aceh, serta menginspirasi pembaca dengan kisah pahlawan yang gigih melawan penjajah. Target :  Pembaca yang tertarik pada sejarah, budaya, dan kisah pahlawan nasional Indonesia, terutama kalangan remaja dan dewasa muda. Insight : Novel ini memberikan wawasan tentang perjuangan sejarah Indonesia, keberanian, dan semangat juang Nasir Meutia. Kebutuhan penerapan desain: Desain cover buku novel